Saturday, November 17, 2007

Rakerda IAI Bali & Info Bahan Bangunan

Aman, Tahan Gempa dan Puting Beliung
Onduline, Atap Ringan dan Nyaman

Warta Bali 16 November 2007


Sejak dulu atap telah menjadi perhatian utama dalam sebuah perancangan arsitektur. Dalam arsitektur vernakuler Indonesia dan kenyamanan, juga berperan dalam pencitraan bangunan. Jika diamati, atap arsitektur tradisional Indonesia biasanya dirancang tinggi menjulang.
Ini dimaksudkan untuk menghasilkan sirkulasi udara yang baik. Tapi konsekuensinya rangka atap menjadi sangat tinggi menjulang. Atap yang tinggi membutuhkan struktur yang besar dan berat sehingga membebani bangunan. Padahal dengan kondisi geografis Indonesia terutama di daerah rawan gempa dan puting beliung membutuhkan atap ringan dan nyaman.
Demikian yang terungkap dalam acara sarasehan tren solusi atap ringan dan nyaman Kamis (15/11) kemarin yang digelar oleh Onduline dan IAI (Ikatan Arsitek Indonesia) di Hotel Nikki Denpasar. Ir. Bambang Barata, Wakil Ketua IAI mengatakan, atap ringan akhirnya menjadi solusi paling tepat bagi bangunan modern termasuk Indonesia. Mulai dari rangka hingga bagian penutupnya atapnya. Tren ini semakin berkembang ketika bencana gempa dan puting beliung melanda Indonesia. Atap ringan menjadi hal wajib dalam merencanakan bangunan karena tidak membahayakan penghuninya. Sementara Lucas Ardhana, Sales Manager PT. Onduline Indonesia memaparkan, masyarakat saat ini sudah sangat selektif dalam pemilihan bahan bangunan dan faktor keamanan, kenyamanan bagi penghuninya menjadi pertimbangan utama selain kekuatan dan kualitas produk menjadi faktor penting lainnya.
Apapun produknya dan dimanapun diproduksi asal memenuhi kriteria tersebut pasti akan diterima baik oleh konsumen. Dengan kesesuaian karakteristik penutup atap yang ringan, aman namun tetap kuat dan nyaman ada pada Onduline.
Onduline adalah atap lembaran yang terbuat dari bitumen (aspal), serat organik serta aditif resin dan mineral lainnya menjadikan produk ini mempunyai stabilitas dimensional tinggi, lentur, mudah dibentuk dan dipasang serta tidak mudah pecah, ringan, aman dan ramah lingkungan. Selain itu Onduline tahan lama dalam arti tidak berkarat dan rapuh, juga dijamin waterproof guatentee 10 tahun dalam pemasangannya dilakukan sesuai dengan ketentuan.
Garansi ini merupakan terobosan pertama untuk produk atap di Indonesia. Irwan Santoso, Direktur UD Surya Plaza selaku distributor produk Onduline area Bali mengatakan, kami optimis Onduline akan diterima oleh masyarakat Bali karena keunggulannya dan atap Onduline cocok dengan iklim di Bali yang panas dan rawan puting beliung. (wb8/bk)

No comments: